Maintaining Results

No Comment - Post a comment

Ucapan Selamat Tahun Baru datang mengiringi tahun yang baru , sementara itu ada seorang penyair menyatakan sebenarnya ketika memasuki tahun yang baru, umur kita berkurang lagi satu tahun. Dua pendapat ini sebenarnya sama kalau dilihat dari persepektif yang berbeda.

Resolusi merupakan kata yang tepat untuk target yang akan dicapai tahun 2009, pernah saya meresolusikan diri untuk membaca sedikitnya 5 buku dalam satu tahun. Hasilnya, saya hanya sanggup membaca 3 buku saja, apakah resolusinya salah atau aktualitasnya kurang.

Sebenarnya tahun baru ini dimulai dengan kondisi yang sulit, kondisi perekonomian makro dan intrik-intrik sosial mendahului tahun ini. Dalam manajemen internal perusahaan pun terjadi perubahan-perubahan yang signifikan, perubahan direktur, key people mengundurkan diri, membuat langkah dipenuhi keraguan dan pertanyaan, apa yang akan terjadi tahun ini.

Maka munculah teori yang dinamakan : Maintaining Results, atau dalam bahasa sehari-hari adalah mempertahankan hasil-hasil, tentunya hasil yang terbaik. Sebenarnya teori ini terlalu minimalis, tapi entah mengapa dalam kondisi seperti ini teori mempertahankan hasil yang sudah tercapai adalah sebuah teori yang cocok. Bapak Paul R Niven dalam topik tulisannya 'Balance Scorecard', menyatakan bahwa dengan bertahan dengan hasil yang terbaik yang sudah kita capai, kita akan mempunyai kesempatan untuk meraih hasil yang lebih dengan langkah yang terukur (step by step) akhirnya tujuan dari perusahaan yaitu : ' Maximizing Perfomance' dapat tercapai.

Tahun baru ini , tahun yang sangat menantang, karena kondisi yang tidak pernah dialami. Beberapa program telah disiapkan untuk departemen Finance dan Accounts, salah satunya main program : pengembangan tax skill yang telah diterapkan selama satu setengah tahun. Program ini dapat memberikan kontribusi prositif secara langsung bagi perusahaan dan personel. Ditunjang dengan gerakan pemerintah untuk mengatur perpajakan secara stimultan mengakibatkan background pendidikan pajak sangat dibutuhkan sekali. Dari NPWP yang harus dimiliki setiap pekerja sampai pengaturan kembali PTKP, ini menandakan akan terjadinya 'revolusi pajak'.

Selain itu, program lain yang tak kalah pentingnya adalah pengembangan skill manajemen. Suatu program yang akan menunjang terbentuknya organisasi yang kuat dan solid, yang didasari konsep manajemen yang kuat, bukan 'one man show'. Sinergi atas kerjasama team akan berlipat ganda dan dirasakan bila dasar-dasar manajemen diterapakan secara konsisten, planning dan control (sekarang sudah menjadi 'sense and response'), leadershing, organizing. Hal yang sering menjadi kendala adalah 'komunikasi', karena sebenarnya informasi penting akan mengalir deras jika tercipta komunikasi yang tepat. Less of information is Cost, betapa komunikasi dan arahan akan menjadi bumerang jika tidak diterapkan secara maksimal.

Development Program 2009, sebagai lanjutan Development Program 2008, merupakan salah satu program andalan tahun ini. Berharap agar semua bisa berpartisipasi dalam hal ini.

Ini sebenarnya yang mau diucapkan : Selamat Tahun Baru 2009, Keep your Results, Maintain your Results, More Fun and get ready for another Challenging.

Proficiatimage005

This Post has No Comment Add your own!

Post a Comment